Pages

Saturday, May 01, 2010

White Dove or White Pigeon Silat Style King Brawijaya University / Perguruan Pencak Silat Merpati Putih Universitas Brawijaya

SORRY NO ENGLISH VERSION AVAILABLE FOR THIS POST

PROFIL UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERGURUAN PENCAK SILAT BELADIRI TANGAN KOSONG MERPATI PUTIH UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Bermula dari minat sekelompok mahasiswa Unibraw untuk berlatih beladiri khususnya Pencak Silat yang berada di bawah naungan Unibraw. Maka pilihan tersebut jatuh pada Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih. Latihan mulai dilakukan sejak April 1987, dengan tenaga pelatih dari cabang Surabaya karena di Malang belum ada cabangnya. Terhitung efektif sejak 2 April 1988, UKM MP-UB telah sah menjadi salah satu UKM di lingkungan Unibraw dengan turunnya SK Rektor UB No.084/PT.B/BKK/1988. Dengan markas besar di Sekretariat Bersama UKM kavling 8 Jl. MT. Haryono 169 Malang.
Dengan bertambahnya usia, bertambah pula pengalaman organisasi, banyak suka dan duka yang dialami oleh para senior perintis dalam mewujudkan eksistensi MP UB. Perjuangan kakak-kakak senior dalam mempertahankan eksistensi MP UB patut diacungi jempol dan terus berlanjut sampai sekarang oleh kita para generasi penerus.
Peristiwa jatuh bangunnya MP UB, konflik yang pernah dialami, kejadian yang kurang berkenan di hati, kepahitan organisasi, dan lain-lain yang mungkin menyakitkan memacu kita agar terus berprestasi, kita harus tunjukkan pada dunia bahwa kita ada dan patut diperhitungkan. Selain itu hal-hal yang menyenangkan, peristiwa yang menggelikan, semangat kebersamaan, rasa kekeluargaan, tawa canda dan rasa persaudaraan marilah kita pupuk dan kembangkan agar dapat meningkatkan silaturahmi dan tali kekeluargaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun ini.
Dan sebagai sarana silaturahmi antara anggota aktif dan alumni, dibuatlah sarana komunikasi berupa mailing list yaitu di mp_unibraw@yahoogroups.com.



Khusus untuk alumni:

Bila anda berminat untuk membantu kami, salurkan bantuan anda ke rekening MP UB di No Rek.: 3127-01-006761-53-0
BRI Unit:3127 Unit Dinoyo Malang
Atas Nama: Tita Ismadini
(Bendahara Umum)


Mari kita ramaikan Latihan Rutin MP kita.
Latihan rutin dilaksanakan 3 kali seminggu pada hari :
  • Rabu pukul 18.30 WIB bertempat di lobby depan gedung Samanta Krida
  • Jum'at pukul 15.30 WIB bertempat di lapangan Rektorat Universitas Brawijaya
  • Minggu pukul 07.00 WIB bertempat di lapangan Rektorat Universitas Brawijaya
Secara umum Latihan Rabu kita tujukan untuk Materi ke-MP-an, Jum'at untuk materi IPSI dan Minggu untuk latihan MP dan IPSI. Jangan lupa untuk kumpul di Unit dulu baru berangkat ramai-ramai ke tempat latihan.

Silabus Latihan Secara Umum
  1. Tata Gerak
    1. Gerak Dasar
      • Sikap
      • Gerak Tangan Serangan
      • Gerak Tangan Tangkisan
      • Gerak Kaki Serangan
      • Gerak Langkah
    2. Rangkaian Gerak
      • Rangkaian Gerak Ditempat
      • Rangkaian Gerak Langkah
      • Rangkaian Gerak Terikat
      • Rangkaian Gerak Bebas
      • Tangkap Kunci
  2. Tata Nafas
    1. Nafas Penyegaran
    2. Nafas Pembinaan
    3. Nafas Pengolahan
    4. Nafas Pengerahan
    5. Nafas Penyembuhan
  3. Materi Tambahan
    1. Teknik Pemukulan
    2. Wiraloka wajib IPSI
    3. Jurus Tunggal IPSI (Wiragana)
    4. Gerak Kembangan
    5. Teknik Perkelahian Bebas (Wiralaga)
    6. Nafas Getaran
Selain kegiatan khas sebuah perguruan pencak silat yaitu latihan rutin bela diri, PPS Betako Merpati Putih Unibraw sebagai sebuah Unit Aktivitas Mahasiswa (UKM) juga mengadakan kegiatan lain seperti :



SEKILAS INFO YANG PENTING BANGET
  • Temen-temen latiha rutin dah mulai aktif lagi lo. Jadwalnya masih sama kok, cuman ada latihan tambahan bagi yang berminat.latihannya tu tiap hari RABU malam pukul 18.30 WIB tempatnya di gedung Samanta Krida alias Sakri UNIBRAW, hari JUMAT di lapangan Rektorat UNIBRAW pukul 15.30WIB dan hari MINGGU juga di lapangan Rektorat UNIBRAW pukul 07.00 WIB. Jangan terlambat karena tempat latihan untuk hari jumat dan minggu bisa berubah, tambah seru lo sekarang.
  • Tuk latihan tambahannya tu tiap sore hari 7 kali dalam seminggu alias tiap hari mulai pukul 15.30 WIB dan gak pakai seragam atau hari sabtu pukul 06.30 WIB juga gak pakai seragam, tapi kumpul dulu di UNIT.
  • Buruan jangan ketinggalan apalagi gak masuk rugi karena kamu bakalan ketinggalan keilmuannya.

  • Buat temen-temen MP-UB insya ALLAH tanggal 30 November - 6 Desember 2008 akan di adakan Kejurnas IPSI di UPN Veteran Yogyakarta. Seleksi buat mewakili Universitas Brawijaya diadakan pada tanggal 1 November 2008. Bagi temen-temen yang mau ikut silahkan langsung ikut TC yang sudah dimulai pada tanggal 13 Oktober 2008. (biar ga ikut Kejurnas boleh ikut TC untuk meramaikan lat TC)
  • TC dimulai Pukul 16.00, kumpul di Unit dulu. Pakaian bebas, materi dalam TC adalah Materi Fisik dan Teknik IPSI, karena kita adalah anggota MP maka akan diberikan Materi tata Nafas yang diberikan habis TC. Untuk yang tidak bisa TC Sore hari bisa TC pada Pagi hari, tenang selelu ada temennya kok


Pengurus


Latihan Alam: Ekspedisi Pulau Sempu 2008



Latihan Alam pada tahun ini diberikan sedikit sentuhan berbeda daripada Latihan Alam pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini kita berikan sedikit tema
"Ekspedisi Pulau Sempu 2008". Pelaksanaan Latihan Alam kali ini mengambil lokasi di Pulau Sempu di kawasan Malang Selatan. Pulau Sempu merupakan kawasan Cagar Alam yang di lindungi oleh Pemerintah. Karena itulah memberikan nuansa pengenalan pelestarian alam kepada Anggota MP-UB, bahwa kita harus menjaga lingkungan sebagai bagian dari menjaga diri.


Dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 29 Juni 2008. Di dahului dengan memberangkatkan Team Pendahulu berjumlah 4 orang untuk menyiapkan tempat dan mendirikan tenda. Pada hari Sabtu pukul 08.00 WIB Peserta Latihan Alam diberangkatkan dari Markas MP-UB di Sekber UKM UB.

Suasana alam yang masih benar-benar jauh dari sentuhan manusia membuat Latihan Alam kali ini menjadi pengalaman tersendiri bagi beberapa anggota yang belum pernah melakukan kegiatan dialam terbuka yang jauh dari pemukiman penduduk. Kondisi Alam yang masih perawan dan pemandangan Natural menambahkan rasa yang berbeda.


Seperti Latihan Alam yang tiap tahun diadakan MP-UB, materi yang diberikan selain Latihan Fisik, juga diberikan latihan tata nafas yang disesuaikan dengan kondisi alam, latihan meditasi, dan latihan- latihan lain yang sedikit berbeda daripada latihan rutin.


Ekspedisi Pulau Sempu 2008 (Latihan Alam MP-UB)

Sabtu-Minggu, 28-29 Juni 2008 sempu

Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah salah satu kawasan cagar alam yang ada di Jawa Timur. Pulau yang terletak di sebelah selatan Malang ini memiliki luas pulau kurang lebih 877 hektar yang secara resmi telah ditetapkan sebagai daerah cagar alam sejak tahun 1928. Berdasarkan pengelolaan kawasan konservasi, Cagar Alam Sempu termasuk ke dalam wilayah kerja Sub-Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Malang. Kawasan ini memiliki banyak potensi alam yang indah dan menarik minat banyak wisatawan asing maupun domestik. Dengan keadaan alamnya yang khas, Pulau Sempu sangat cocok sebagai tempat wisata maupun untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

sempu

Dewan Pioneer

Dewan Pioneer bersiap memulai aksinya untuk melakukan perjalanan menuju ke Pulau Sempu. Dengan di motori oleh 4 Gembong MP-UB yaitu Erros, Reza, Erdha dan Andrei. Persiapan di mulai sejak hari Jum'at setelah sholat jum'at. Dengan mengendarai 2 sepeda motor.

sempu

Perjalanan Dewan Pioneer

Perjalanan Dewan Pioneer menempuh waktu sekitar 2,5 jam dari Markas Besar MP-UB (sebenarnya kurang dari itu) menuju ke Pantai Sendang Biru. Dari pantai Sendang Biru Dewan Pioneer telah memesan perahu untuk menyeberangkan mereka menuju ke Pulau Sempu kepada Nelayan setempat. Sebetulnya Pulau Sempu termasuk cukup dekat dengan Pantai Sendang Biru bahkan bisa di lihat jelas dengan mata telanjang.

sempu

Perjalanan Rombongan

Setelah Dewan Pioneer berangkat pada jum'at siang, giliran Rombongan utama yang berangkat menuju Pulau Sempu transit Sendang Biru pada hari Sabtu Pagi. Pada awalnya anggota rombongan diperkirakan berjumlah minimal 20 orang, tapi perkiraan meleset, karena beberapa anggota pada hari menjelang keberangkatan ada yg ada acara mendadak dan ada yang tidak bisa ikut karena alasan ijin orang tua, hal ini terutama pada adik-adik dari SMP. Perjalanan menggunakan angkutan Truk karena relatif lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa alat tansportasi lain.
(...betapa menyedihkannya teman-teman..ku... jadi teringat waktu masih masa kuliah di peternakan, seperti liat ternak di angkut... hihihi...)

sempu

Sendang Biru

Menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dari kota Malang ke Sendang Biru, dengan jalan yang berkelok menanjak dan menurun, hingga melewati tebing, akhirnya terbayar sudah ketika sampai di Pantai Sendang Biru. Pantainya di penuhi oleh beberapa wisatawan dan kapal-kapal nelayan terparkir di sepanjang pantai. Secara umum jika hanya pantai kecil ini sebagai obyek wisata sendang biru, maka bisa di anggap kurang memadai, jika di jual untuk pemandangan alamnya. Tetapi dari sini kita bisa menuju ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan), atau naik kapal bermotor menyusuri selat kecil, atau naik sampan kecil yang didayung sendiri, dan tentunya adalah untuk transit menuju Pulau Sempu.



Berikut ini beberapa link ke situs Merpati Putih yang lain :